Senin, 08 November 2010

Sejarah Perkembangan Kota Modern Awal Pada Abad Pertengahan Di Eropa

(1863-1960 / Abad ke-19)

Kehidupan pada awal abad ke-19 ini merupakan masa modernisasi dimana ini merupakan efek dari masa revolusi Industri. Pada masa revolusi industri banyak ditemuan penemuan-penemuan berupa besi, baja, kaca, mesin uap, dll. Penemuan-penemuan material baru inilah yang mendorong para arsitektur untuk melakukan suatu pembaharuan terhadap model bangunan sehingga munculah masa modernisasi. Gaya arsitektur model era awal modern ini merupakan peralihan dari model gaya klasik barat ke modern.

Pada abad ke-19 ini perkembangan kota ditandai dengan banyaknya pembangunan fasilitas umum, seperti sarana transportasi, kantor, hotel, tempat hiburan, dll. Hal ini dikarenakan kebutuhan sarana dan parasarana yang tinggi dari masyarakat urban menyebabkan munculnya faslititas umum tersebut. Fungsi kota pada masa ini jelas terlihat digunakan sebagai pusat dari berbagai macam kegiatan, terutama di bidang transportasi, industri, kegiatan ekonomi, hiburan, dan social budaya.

Karakteristik kota pada era ini erat hubunganya dengan kemajuan teknologi dan penemuan material baru yang mengakibatkan munculnya banyak gedung pencakar langit, transportasi massal (kereta api), pembangunan jaringan jalan seperti jembatan, dll. Selain itu, tingkat mobilitas pada masa ini cenderung tinggi akibat dari banyaknya urbanisasi yang masuk dan banyaknya para penglaju (imbas dari industrilisasi). Oleh karena itu kepadatan pendudukpun makin tinggi.

Ada beberapa bangunan di kota-kota Eropa yang merupakan peninggalan abadpertengahan, seperti London Bride, Gare du Nord, Menara Eiffel, Crystal Palace, dll. London Bridge merupakan sebuah jembatan di Inggris. Jembatan ini dibangun setelah ditemukanyapenemuan besi dan tingkat keelastisan besi.

Gambar London Bridge

Gare du Nord merupakan stasiun kereta api di Paris yang sering dijuluki sebagai katedral abad ke-19. Stasiun ini merupakan jaringan kereta api yang banyak mengangkut para migran ke paris yang tertarik bekerja pada industri baru di pinggiran kota.

Gambar Gare du Nord

Menara Eiffel merupakan salah satu tujuh dari keajaiban dunia yang semua orang pasti mengetahuinya. Menara ini dibangun setelah ditemukanya besi. Bangunan ini dibangun setelah pembangunan London Bridge. Menara Eiffel ini merupakan pemicu dibangunnya gedung pencakar langit dan penemuan terhadap beton.

Gambar Menara Eiffel

Bangunan lain yang tak kalah menarilnya adalah Crystal Palace. Crystal Palace merupakan pelopor bangunan baja dan kaca pertama di Inggris. Tempat ini digunakan untuk pertunjukan pameran hasil produksi industri dan kejayaan Inggris yang dapat menampung 13.000 peserta.


1 komentar: